Sabar dan syukur adalah kunci kehidupan


Salah satu nilai dan sikap hidup yang harus di pegang oleh seorang muslim adalah sikap sabar dan syukur. Rasulullah SAW pernah berkata

“Aku heran dengan urusan seorang mukmin itu, jika dia mendapatkan nikmat dia bersyukur, jika dia tertimpa musibat dia pun sabar”.

Substansinya adalah, bahwa bagi seorang mukmin, situasi apapun akan diterimanya dengan ikhlas dan proporsional. Dia tidak akan berputus asa dan berlebihan dalam menjalani hidup.

Setiap orang pasti pernah  mengalami situasi kehidupan yang serba lancar, penuh kenikmatan, keluarga sehat, ekonomi bagus, pekerjaan lumayan, semua lancar dan mudah. disanalah nikmat Allah sedang dilimpahkan kepada kita. Dan perintahnya adalah kita harus menunjukan sikap Syukur. Pengertian syukur yang umum kita pahami adalah bagaimana menggunakan nikmat itu sesuai dengan kehendak pemberi nikmat yaitu Allah SWT.

Jika kita diberi nikmat sehat, maka bagaimana agar kesehatan badan itu diarahkan untuk melaksanakan segala aktifitas yang menunjukan ketaatan kita pada Allah, kita bekerja dengan nama Allah, makan minum sesuai aturan Allah, dan berbagai hal lain yang menunjukan bahwa kita benar-benar memanfaatkan nikmat sehat itu dalam rangka pengabdian padanNya.

Jika kita diberi nikmat harta, bagaimana kita menggunakan harta yang kita dapatkan itu untuk hal-hal yang bermanfaat. Mendapatkannya dengan cara halal, dan menyalurkannya juga secara baik. Jangan lupa juga menyisihkannya untuk kalangan yatim, kaum dhu’afa karena pada hakikatnya harta yang kita miliki itu adalah titipan dariNya, dan selalu ada hak orang lain didalamnya.

Sikap syukur kita ketika mendapatkan limpahan nikmat dariNya, apapun itu bentuknya, maka niscaya akan membuat sang pemberi nikmat senang

” Jika sekiranya kalian bersyukur atas segala nikmatKU niscaya akan Aku tambah, dan jika kalin mengingkari atas nikmatKU, sesungguhnya murkaKU amatlah pedih”
Kehidupan itu tidak pernah datar “life is never flat”. Bisa jadi dalam satu kesempatan kita akan diberikan teguran, cobaan dalam bentuk apapun di dunia ini.Bisa jadi kita terkena kecelakaan, didera penyakit, ditinggalkan orang tercinta,usaha bangkrut, banyak hutang dll. Jika salah satu diantara keadaan itu menimpa kita, maka Sabar merupakan kuncinya. Allah tidak pernah memberikan beban yang tidak sesuai dengan kadar kemampuan dirinya. Sabar memanglah berat, tak semudah mengucapkannya memang. Terkadang kita merasa putus asa, tapi jika kita beriman dan yakin pada Rahman  dan Rahim Allah, semuanya akan kita lewati dengan indah.

Semua musibah dan ujian serta teguran dari Allah merupakan bentuk kasih sayang Allah bagi kita. Boleh jadi kita ditegur untuk kembali ke jalan yang benar, boleh jadi kita sedang diuji untuk naik kelas, boleh jadi kita memang sedang dipersiapkan Allah untuk mendapatkan sesuatu yang lebih lagi tatkala kita memang harus kehilangan sesuatu. Jika Syukur dan Sabar itu kokoh ada dalam diri kita, maka sungguh berbahagialah hidup ini. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan hidayah untuk selalu mampu bersikaf syukur dan sabar  dalam hal apapun :) :)

* Mengingatkan diri sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

 
Perindu Syurga © 2012 | Support by KitaJual, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters